10.54

MEMEMBANGUN PC ROUTER-GATWAY MENGGUNAKAN MICROTIK

Diposkan oleh .:: universal blog herry potter's ::. |

Langkah Kerja

1. instalasi pripheral pc untuk mesin Router

Hal yang perlu di perhatikan dalam perakitan PC Router adalah masalah NIC, karna tidak semua NIC yang beredar di pasaran support dengan OS microtik. Di saran kan menggunakan NIC dengan merek

3Com [3C905C-TX-M]

Atau Intel [COMPAQ NC31]

Dan NIC yang terpasang pada Pc Router minimal dua buah.

2. cek hasil instalasi pripheral Pc mesin router

pengecekan PC Router yang telah di rakit di lakukan dengan melihat tampilan BIOS apakah semua perangkat yang di pasang sudah terdeteksi dengan benar, jika masih terdapat kesalahan priksa kembali Rakitan tersebut.

3. memulai installasi OS Microtik pada PC Router

Sama seperti menginstal OS lainnya, Booting awal pada BIOS harus di ubah menjadi Drive CD. Keluar dan simpan perubahan BIOS. Masukkan CD OS microtik dan restart PC tersebut.

4. menentukan paket software yang akan di install

Setelah PC booting dari CD OS microtik maka akan tampil menu pilihan paket yang akan di install tekan tombol ”a” jika ingin memilih semua paket dan di sarankan untuk memiliha semua paket instalasi. Tekan tombol ”i” pada keyboard jika ingin memulai installasi, maka akan muncul pertanyaan seperti di bawah ini:

- Do you want to keep old konfigurations? [y/n] ketik Y

- Contuniue ? [Y/N] ketik Y

5. ikuti langkah installasi OS sampai selesai

Setelah semua instruksi di kerjakan maka OS microtik akan memulai installasi. Dalam proses ini tunggu hingga semua paket terinstal. Jika proses intallasi selesai maka PC tersebut akan meminta untuk di restart. Tekan ”Enter”

6. login untuk masuk ke Pc Router

Setelah PC Router tersebut hidup kembali, Pc router tersebut siap untuk di konfigurasikan. Sebelum proses itu di lakukan PC akan meminta Login dan Password.

Ketik ”admin” pada Microtik login: dan Password ={ kosong atau langsung tekan enter}

7. set nama untuk login admin

dapat di lakukan dengan perintah ” user_set_admin_name-={nama untuk login}

seperti gambar di bawah:

8. Pemberian Password PC Router

Agar PC Router yang kita bangun terjaga dalam segi keamanannya maka kita perlu merubah PASSWORD karna default PC Router tidak ada. Perhatikan gambar di bawah untuk memberikan Password Router.

9. berikan nama pada ethernet yang terpasang yang berfungsi untuk mempermudah dalam pemberian IP address.dapat di lakukan dengan perintah ”interface_set_ether1/2_name={nama yang sesuai dengan kegunaan ethernet tersebut} seperti pada gambar di bawah :

10. setting IP address Pc router

bentuk perintahnya :

”ip address add address= 192.168.0.0/24 interface=ether1”

Catatan: karena ada 5 network yang berbeda, maka kita akan memberikan 4 baris IP address pada satu ethernet card dan ethernet card yang lain berisi alamat yang satu network dengan ISP yang di gunakan.

11. menentukan gateway untuk Pc Router

Gateway bertujuan untuk meneruskan tujuna jika ada perm,intaaan dari PC. Dalam hal ini berikan alamat IP Gateway yang di berikan ISP kepada kita.

Printah yang harus di ketik ”ip route add gatway={ip gateway router}

12. memberi IP Name Server

IP Name Server harus di berikan agar router yang di bangun terkoneksi dengan Internet. Command: ”ip dns set primary-dns={alamat dns utama} secondary-dns {alamat dns kedua}

13. menengaktifkan Network address Translation (NAT)

Network Address Translations Harus di aktifkan agar server jaringan yang menjadi client dapat terkoneksi dengan internet.”ip firewall nat add chaint=srcnat actions=masquerade out-interface{interface yang terhubung langsung dengan internet}

Untuk melihat hasilnya dapat menggunakan perintah ”ip firewall nat Print”

14. setting managemen Bandwith sesuai dengan kebutuhan dan jumlah server.

Salah satu kelebihan Dari PC Router ini adalah management bandwithnya. Cara mensetting nya sebagai berikut : ”que simple add name=comp1 target address=192.168.10.1 interface =ether2 max-limit=16000/16000” untuk lebih jelasnya

Selain dengan cara di atas, dapat juga di di lakukan melalui fasilitas remot yang di sediakan oleh Microtik dengan fasilitas ini konfigurasi-konfigurasi dapat di lakukan dengan lebih mudah karna tampilannya yang secara grafis.seperti gambar di bawah. Untuk masuk ke menu ini dapat di lakukan dengan cara :

1. buka internet explorer dari komputer yang terhubung dengan Pc router. dan masukkan alamat Pc router.maka akan tampil

ketikkan nama administrator pada box webbox 2.9.27 login nama defaultnya “admin” dan isikan passwordnya jika sudah di beri. Maka akan tampil:

Setelah PC Router di konfigurasikan maka hal yang harus di kerjakan selanjutnya adalah pemberian IP Address Pada server-server yang akan terkoneksi dengan PC router. Dengan langkah klik start-control-panel-Network connections- klik kanan local area connectios-Properties.

Maka akan muncul tampilan jendela local areanetwork connections properties

Setelah muncul tampilan local area network connections properties klik internet Protocol (TCP/IP) pilih dan isi radio bottom use the following IP address kemudian klik properties dan isikan alamat IP pada kolom IP Addess. Dan isi kan isi juga subnetmask serta default Gateway. Seperti gambar di bawah.

Untuk alamat freferred DNS dan Alternate DNS harus sesuai dengan alamat yang di berikan di PC Router. Kemudian kelik OK.

Catatan:

Lakukan cara ini untuk mengkonfigurasikan server-server yang lain.

2.4 PROSES UJI COBA

2.4.1 Proses uji coba PC Router

1. Lakukan test koneksi ke internal network atau ke Pc server dengan cara PING seperti dibawah:

”ping 192.168.10.1”

”ping 192.168.20.1”

”ping 192.168.30.1”

”ping 192.168.40.1”

”ping 172.16.2.1”

”ping 172.16.3.1”

jika hasilnya tampil seperti gambar di atas maka koneksi jaringan internal sudah berhasil.lakukan hal yang sama untuk mengetahui koneksi Pc server yang lain.

2. lakukan test koneksi ke salah satu server atau host di internet seperti gambar dibawah:

”ping yahoo.co.id” ”ping google.com” ”ping liputan6.com” dan lain-lain

Jika hasilnya seperti gambar di bawah ini berarti koneksi antara ISP terputus atau dalam masalah

Dan apa bila hasilnya seperti tampilan di bawah ini berarti koneksi anda berhasil. Dan selamat untuk itu

2.4.2 Proses uji coba PC sever

1. lakukan test koneksi ke alamat gatway yang ada di Pc router dari masing-masing server.

Seperti : ”ping 192.168.10.254” jika hasilnya tampak seperti gambar di bawah maka k oneksi berhasil.

2. browser ke salah satu alamat internet seperti google.com jika hasilnya seperti gambar di bawah maka PC router yang di bangun telah berhasil menjadi gateway.


About me

Categories

Text

universal blog

Harry Potter's