21.16

2009, Pegawai Honorer Segera Jadi PNS

Diposkan oleh .:: universal blog herry potter's ::. |

2009, Pegawai Honorer Segera Jadi PNS

BERI KOMENTAR
CETAK BERITA INI
KIRIM KE TEMAN
Tau bencana terdahsyat? Buktiin di 'Disaster Movies'
Kapanlagi.com - Pemerintah menargetkan hingga tahun 2009 sekitar 900.000 pegawai berstatus honorer di seluruh Indonesia diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Taufiq Effendi usai menjadi pembicara kunci pada Temu Alumni Akbar Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Sabtu, mengatakan, pegawai honorer yang diangkat tersebut termasuk para guru sekolah swasta.

Pengangkatan pegawai honorer berdasarkan database yang saat ini ada di Kementerian PAN, sehingga tidak termasuk mereka yang di kemudian hari menjadi pegawai honorer di daerah dan datanya belum masuk database Kementerian PAN.

Ia mengharapkan, setelah pengangkatan pegawai honorer nantinya daerah tidak berlomba-lomba merekrut pegawai honorer baru, apalagi di beberapa daerah ada kecenderungan kelebihan pegawai.

Ia memberi contoh, Surabaya memiliki pegawai sekitar 25.000 orang, padahal kebutuhannya sebenarnya tidak sebanyak itu.

Taufiq mengatakan, ke depan perekrutan pegawai diserahkan kepada instansi bersangkutan setelah sebelumnya menyerahkan daftar kebutuhan pegawai ke Men-PAN. Model ini diharapkan lebih tepat karena yang mengetahui kebutuhan riil adalah instansi itu sendiri.

Departemen Luar Negeri belum lama ini membutuhkan 100 pegawai yang akan diplot menjadi calon diplomat. Deplu mengadakan ujian sendiri dan sekitar 14.000 pelamar mengikuti seleksi, namun hanya 100 peserta yang diterima.

Seleksi ketat yang dilakukan Deplu, katanya, menghasilkan pegawai yang andal dengan kemampuan bahasa asing yang bagus bahkan beberapa di antaranya ada yang menguasai lebih dari dua bahasa asing.

"Cucu saya sendiri tidak lulus seleksi. Tapi itu tidak apa, karena Deplu telah melakukan seleksi secara terbuka," katanya.

Belum lama ini Depkum HAM juga membutuhkan sipir dan Kementerian PAN menyerahkan proses seleksi kepada departemen ini. Daerah lain diharapkan menempuh cara serupa dengan memerhatikan kebutuhan dan kompetensi calon yang akan direkrut menjadi pegawai. (*/rit)

About me

Categories

Text

universal blog

Harry Potter's